Jumat, 27 April 2012

Market Maker

Kita sering sekali mendengar bandar disebut2 dalam bursa saham.
dalam istilah pro nya bandar biasa disebut market maker. mereka inilah pihak yang menciptakan volume di bursa. tanpa mereka , bursa akan sangat sepi.
Namun bagaimana anda harus menyikapi market maker ini? apakah anda harus merasa ngeri? atau berusaha mendekati mereka? 
Jika anda perhatikan di forum2 saham , jika ada trader yang rugi di saham A, mereka akan berkata bandar saham A sadis, pelit. jika untung di saham B, akan berkata bandar saham B baik hati.
kalau baru membeli saham tertentu, akan berdoa semoga bandarnya baik hati.
jika melihat transaksi di suatu saham sedang ramai, langsung menyimpulkan , bandar sedang mengumpulkan barang.


Sejak kecil kita selalu diajarkan untuk mencari kambing hitam. coba perhatikan, jika ada anak kecil yang jatuh, sang ibu biasanya akan berpura-pura memukul lantai, agar tangis anaknya berhenti, menyalahkan lantai tersebut yang menyebabkan sang anak jatuh.
masih banyak contoh yang ditanamkan oleh orang disekitar kita, untuk selalu mencari kambing hitam jika kita salah. ini mengakibatkan kita tumbuh menjadi pribadi yang tidak bertanggung jawab.
setiap kali kita melakukan suatu kesalahan, hal pertama yg kita pikirkan adalah : KEMANA MELEMPARKAN KESALAHAN TERSEBUT.

kebiasaan buruk ini juga terus terbawa sampai kita dewasa, meskipun mungkin kita tidak menyadarinya. jika kita membeli suatu saham dan terpaksa cut loss, kita bukannya berpikir salahnya dimana? kita malah sibuk melemparkan kesalahan kepada rekomen orang lain, bandar pelit, broker goblok kasih rekomendasi tidak becus , rekomen teman FB menjebak dll.
padahal letak kesalahan cuma satu : ANDA SALAH MEMPREDIKSI ARAH PASAR. TITIK.


sumber dari segala kerugian anda, adalah diri anda sendiri.

BERHENTILAH MENCARI-CARI KEMBING HITAM.
belajar lah untuk lebih bertanggung jawab atas segala keputusan trading anda , 

berhentilah menggantungkan keberhasilan anda kepada BANDAR ,  jangan menyia-nyiakan energi anda untuk menebak apa yang hendak dilakukan bandar.

cukup fokus kepada pasar, perhatikan apa yang sedang terjadi di bursa. apa pun yang sedang direncanakan market maker akan terefleksi di chart.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar